RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII/1 (satu)
Materi Pokok : Teks Lisan dan Tulis untuk Menanyakan
dan Memaparkan jati diri
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (4 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI
1 :
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
KI
2 :
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI
3 :
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI
4 :
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri
kesempatan dapat
mempelajari bahasa
Inggris
sebagai
bahasa pengantar
komunikasi
internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
1.1.1Menulis learning log yang
mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.2
|
Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman.
|
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat
menjadi pemimpin kelompok.
2.2.2 Mengakui ketika berbuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya
sendiri
2.2.4
Melakukan hal-hal yang diminta tanpa diingatkan orang lain
|
3.
|
3.4
|
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
3.4.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri
3.4.2 menunjukkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri.
|
4.
|
4.4
4.5
|
Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan
menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
4.5.1 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional.
4.5.2 Melakukan sikap
tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional secara konsisten.
4.5.3 Memahami fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk
memaparkan dan menanyakan jati diri.
4.5.3 Menyusun teks lisan
dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
internasional secara konsisten.
2.Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam
melaksanakan komunikasi fungsional secara konsisten.
3.Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sosial,struktur teks, dan
unsur kebahasaan secara tepat.
4.Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati
diri dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaann yang benar dan sesuai konteks dengan baik.
Pertemuan Kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Menyimpulkan
makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
2. menunjukkan
makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
3. merespon
makna pemaparan jati diri tulis yang dibuat oleh teman sebangku.
4. mengidentifikasi
teks pemaparan jati diri berkenaan dengan penggunaan kata ganti.
5. membuat
teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri yang melibatkan
keluarga
B.
Materi
pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Fungsi sosial : Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk menjalin hubungan antar pribadi dengan guru dan teman
Fungsi sosial : Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk menjalin hubungan antar pribadi dengan guru dan teman
Struktur
teks : Ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata
bahasanya
a. My name is Arif, a-r-i-f. My father is Mr. Zainal. How do you
azo spell your name? Who is she? I have two sisters, Siska and
Muti. Is she your friend? dan
seterusnya
b. My dad is a nurse? He helps the doctors.
His father is a gardener. She is the janitor, and she cleans the classrooms., dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
(1) Nama
status hubungan keluarga dan kekerabatan
(2) Nama
profesi pekerjaan.
(3) Kata
tanya Who? Which? How?
(4) Kata
ganti I, you, we, she, it, they, we. dan seterusnya.
(5) Kata
ganti my, your, our, her, their, his,
dan seterusnya.
(6) Kata
kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present
tense: be, have, work, live, dan sebagainya.
(7) Penyebutan
kata benda singular dan plural (-s),
dan children
(8) Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
Topik kalimat : Diri
sendiri, orang tua, kakak, adik, famili, tetangga, dan orang terdekat lainnya,
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri, tanggung
jawab, dan jujur.
Pertemuan Kedua
Fungsi sosial : Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk menjalin hubungan antar pribadi dengan guru dan teman
Struktur teks :
Ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya
c. My name is Arif, a-r-i-f. My father is Mr. Zainal. How do you
azo spell your name? Who is she? I have two sisters, Siska and
Muti. Is she your friend? dan
seterusnya
d. My dad is a nurse? He helps the doctors.
His father is a gardener. She is the janitor, and she cleans the classrooms., dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
(1) Nama
status hubungan keluarga dan kekerabatan
(2) Nama
profesi pekerjaan.
(3) Kata
tanya Who? Which? How?
(4) Kata
ganti I, you, we, she, it, they, we. dan seterusnya.
(5) Kata
ganti my, your, our, her, their, his,
dan seterusnya.
(6) Kata
kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present
tense: be, have, work, live, dan
sebagainya.
(7) Penyebutan
kata benda singular dan plural (-s),
dan children
(8) Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
Topik kalimat : Diri
sendiri, orang tua, kakak, adik, famili, tetangga, dan orang terdekat lainnya,
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri, tanggung
jawab, dan jujur.
5) Metode Pembelajaran
1)
Pendekatan : Scientific Approach
2)
Metode : Project- based
learning
3)
Teknik : Ceramah,diskusi,
tanya jawab, pemberian tugas
6)
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar benda, kartu
kata, poster
2.
Alat
Realia benda, spidol
warna, kertas spectra, kertas plano
3.
Sumber
Pembelajaran
· Model
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan benar,
tepat, dan dengan sikap yang sesuai.
· Contoh
peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/
DVD/kaset
· Contoh
interaksi tertulis
· Contoh
teks tertulis
· Sumber
dari internet, seperti:
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
Pendahuluan
/ Kegiatan Awal ( 10 Menit)
|
||
Tahap
|
Kegiatan
|
|
Salam tegur sapa
|
·
Apersepsi
dan motivasi
·
Penyampaian
tujuan pembelajaran
·
Penyampaian
cakupan materi dan uraian kegiatan
|
|
Kegiatan
inti ( 60 menit)
|
||
Observing
Questioning
Exploration
Associating
Networking
|
·
Peserta didik mengamati teks sederhana
tentang pemaparan jati diri lisan atau tulis sangat pendek dan sederhana.
(Task 1, Task 2)
·
Siswa menirukan model interaksi
pemaparan jati diri. (Task 2)
·
Siswa membaca beberapa identitas.
(Task 2)
·
Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi pemaparan jati diri. (Task 2)
·
Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara memaparkan jati diri dalam
bahasa Inggris, dengan perbedaan ungkapan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. (Task 3, Task 4)
·
Siswa membandingkan ungkapan
memaparkan jati diri yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber
lain. (Task 5)
·
Siswa membandingkan antara ungkapan
memaparkan jati diri dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa. (Task 5)
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan. (Task 6, Task 7)
·
Siswa memaparkan jati diri dengan
bahasa Inggris dalam konteks simulasi
dan kegiatan lain yang terstruktur. (Task 8)
·
Siswa memaparkan jati diri dengan
bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. (Task 9)
·
Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal). (Task 10)
|
|
Penutup ( 10
Menit)
|
||
Salam Perpisahan
|
§
Menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari.
§
Refleksi
§
Penugasan:
berlatih menulis surat dan email
§
Menyampaikan
rencana kegiatan yang akan datang: tes product
|
Pertemuan
2
Pendahuluan
/ Kegiatan Awal ( 10 Menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam tegur sapa
|
§ Apersepsi dan
motivasi
§ Penyampaian tujuan pembelajaran
§ Penyampaian cakupan materi dan uraian
kegiatan
§
Guru
mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
§
Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai; Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian
kegiatan sesuai silabus.
|
Kegiatan
inti ( 60 menit)
|
|
Creating
|
·
Siswa mengidentifikasi
model text monolog tentang pemaparan jati diri ( Task 1 )
·
Siswa membuat contoh
pemaparan jati diri berdasarkan pernyataan arahan dari guru secara individu
dan siswa mempresentasikan hasilnya (Task 2)
·
Siswa mengidentifikasi
gambar dan monolog text tentang pemaparan jati diri (Task 3)
·
Siswa secara berkelompok
(3 orang) membuat monolog text pemaparan jati diri (Task 4)
·
Siswa secara berkelompok
(3 orang )
mempresentasikan hasil text tentang pemaparan jati
diri (Task 5)
·
Siswa mengidentifikasi
model text pemaparan jati diri dan membuat kartu identitas tentang pemaparan jati diri (Task 6)
|
Penutup ( 10
Menit)
|
|
Penutup
|
§ Menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari.
§ Refleksi
§ Menyampaikan
rencana kegiatan yang akan datang
|
8) Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Learning Journal
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Menulis learning log
tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran 1
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menggunakan
8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
5
|
2
|
Menggunakan
6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
4
|
3
|
Menggunakan
4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
3
|
4
|
Menggunakan
4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
2
|
5
|
Menggunakan
kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian : Penilaian sejawat (antar teman)
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Peer Assessment
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Memberikan
penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
|
Lampiran Penilaian
Sikap 1-3
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
= 2
always
= 1
often
= 0,5
seldom
Contoh:
Mencentang untuk seluruh
pernyataan.
=
2 + 2 + 2 = Skor 6
Bila mencentang:
=
2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.
Bila mencentang:
=
2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5
f.
Pedoman Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Disajikan
teks bergambar dialog pemaparan jati diri sendiri, siswa dapat menentukan
fungsi sosial dari teks.
|
Soal
No. 1
|
|
Disajikan
teks bergambar dialog pemaparan jati diri anggota keluarga, siswa dapat
mengidentifikasi fungsi sosial dari teks.
|
Soal
No. 2
|
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan kata bergaris bawah, siswa dapat menentukan kata acuan
yang tepat.
|
Soal
No. 3
|
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan kata bergaris bawah, siswa dapat menentukan makna kata
tersebut.
|
Soal
No. 4
|
|
Disajikan
sebuah dialog bergambar, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat.
|
Soal
No. 5
|
|
Disajikan
sebuah dialog rumpang, siswa dapat melengkapi dialog dengan benar dan sesuai
konteks.
|
Soal
No. 6
|
|
Disajikan
sebuah kartu identitas, siswa mampu mengidentifikasi informasi di dalamnya
|
Soal
No. 7
|
|
Disajikan
sebuah kalimat yang salah, siswa dapat mengidentifikasi kesalahan dalam
kalimat tersebut.
|
Soal
No. 8
|
|
Disajikan
pertanyaan yang mengandung kata kerja, siswa dapat menentukan gambarnya
dengan tepat.
|
Soal
No. 9
|
|
Disajikan
sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat
melengkapinya dengan kata kerja dan kata ganti yang tepat.
|
Soal
No. 10
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar
diberi skor 1 (satu)
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Tes Keterampilan
Menulis, Membaca dan berbicara
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir
Instrumen
|
Menulis
|
|
|
|
Disajikan sebuah
jawaban pesan singkat tentang memaparkan dan menanyakan tentang family, tetangga, dan orang terdekat
lainnya, siswa dapat menuliskan
pesan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
|
Soal
No. 1
|
|
Disajikan sebuah
jawaban pesan singkat tentang memaparkan dan menanyakan jati diri tentang family, tetangga, dan orang terdekat
lainnya, siswa dapat menuliskan
pertanyaan dengan akurat, runtut dan berterima
|
Soal
No. 2
|
|
Disajikan
sebuah teks sederhana memaparkan dan menanyakan jati diri serta 4 (empat)
buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dipaparkan jati
dirinya dengan tepat
|
Soal
No. 3
|
|
Diperdengarkan
sebuah teks sederhana tentang memaparkan dan menanyakan jati diri serta
(empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dipaparkan
jati dirinya dengan tepat.
|
Soal
No. 4
|
|
Diperdengarkan
sebuah teks sederhana tentang memaparkan dan menanyakan jati diri serta
(empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dipaparkan
jati dirinya dengan tepat.
|
Soal
No. 5
|
|
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa
dapat menanyakan jati diri tentang family, tetangga, dan orang terdekat lainnya dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal
No. A.1
|
|
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa
dapat menanyakan jati diri tentang family, tetangga, dan orang terdekat lainnya dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal
No. A.2
|
|
Siswa
dapat memaparkan jati diri tentang family, tetangga, dan orang terdekat lainnya secara lisan di depan kelas dengan akurat,
lancar dan berterima.
|
Soal
No. A. 3
|
|
Siswa dapat menuliskan tentang family, tetangga, dan orang terdekat
lainnya dalam bentuk teks sangat
sederhana secara akurat, runtut, dan berterima
|
Soal
No. B
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal
No. 6 dan 7
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian
isi dengan tujuan penulisan pesan
|
100%
isi sesuai
|
5
|
80%
isi sesuai
|
4
|
||
60%
isi sesuai
|
3
|
||
40%
isi sesuai
|
2
|
||
20%
isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan
kata
|
100%
pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Penulisan
kosa kata
|
100%
penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan kosa
kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa
kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa
kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa
kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan
tata bahasa
|
100%
penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
g.
Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10.
Setiap jawaban
benar diberi skor 1 (satu)
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
h. Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·
Mudah dipahami meskipun pengaruh
bahasa ibu dapat dideteksi
·
Ada masalah pengucapan sehingga
pendengar perlu konsentrasi penuh
·
Ada masalah pengucapan yang serius
sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tatabahasa
|
·
Tidak ada atau sedikit kesalahan
tatabahasa
·
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi
tidak mempengaruhi makna
·
Sering membuat kesalahan sehingga
makna sulit dipahami
·
Kesalahan tatabahasa sangat parah
sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
·
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang
tepat
·
Kadang-kadang menggunakan kosakata
yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering menggunakan kosakata yang tidak
tepat
·
Kosakata sangat terbatas sehingga
percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar.
·
Kelancaran sedikit terganggu oleh
masalah bahasa
·
Sering ragu-ragu dan terhenti karena
keterbatasan bahasa
·
Bicara terputus-putus dan terhenti
sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
|
4
3
2
1
|
i.
Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
|
D-
|
1
|
1
|
j.
Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian
isi dengan tujuan penulisan pesan
|
100%
isi sesuai
|
5
|
80%
isi sesuai
|
4
|
||
60%
isi sesuai
|
3
|
||
40%
isi sesuai
|
2
|
||
20%
isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan
kata
|
100%
pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Keterpaduan
kalimat
|
100%
kalimat terpadu dan runtut
|
5
|
80% kalimat terpadu dan runtut
|
4
|
||
60% kalimat terpadu dan runtut
|
3
|
||
40% kalimat terpadu dan runtut
|
2
|
||
20% kalimat terpadu dan runtut
|
1
|
||
4
|
Penulisan
kosa kata
|
100%
penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan kosa
kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa
kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa
kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa
kata tepat
|
1
|
||
5
|
Ketepatan
tata bahasa
|
100%
penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
||
6
|
Originalitas
penulisan
|
100%
tulisan hasil pemikiran sendiri
|
5
|
80% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
4
|
||
60% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
3
|
||
40% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
2
|
||
20% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
1
|
\
k.
Pedoman Peskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
....................,
.............................. 20...
Mengetahui
Kepala SMP... Guru
Mata Pelajaran
_______________________
_________________________
NIP.
... NIP.
...
Lampiran 1 : Penilaian sikap spiritual
Lampiran
2 : Penilaian sikap sosial
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian
Pengetahuan
Part One : Choose the best answer
1.
They
are............. them self.
A. Calling
B. Introducing
C. Showing
D. Describing
A. Calling
B. Introducing
C. Showing
D. Describing
2.
They
are ........ their parent.
A. Grouping
B. Drawing
C. Identifying
D. Seeing
A. Grouping
B. Drawing
C. Identifying
D. Seeing
3.
The
underline word refers to...
A. I
B. Brazil
C. My Parents
D. Doctor
A. I
B. Brazil
C. My Parents
D. Doctor
4.
The underlined word means...
A. My mother
B. Singing
C. My sister
D. My self.
A. My mother
B. Singing
C. My sister
D. My self.
5. My
mother and I like cooking. We cook together everyday.
The underlined word refers to...
A. My mother C. My mother and I
B. I D. Cooking
The underlined word refers to...
A. My mother C. My mother and I
B. I D. Cooking
6.
My sister is a nurse. She nurses in the hospital.
Which is the suitable picture?
A. B. C. D.
Which is the suitable picture?
A. B. C. D.
7.
My mother is a cheef. She cooks in the kitchen.
Which is the suitable picture?
Which is the suitable picture?
A. B.C.
D.
8.
My mother is an actress. She likes act very much
Which is the suitable picture?
A.B.C.D.
Which is the suitable picture?
A.B.C.D.
9.
Mario is a students. He............. in school everyday.
A. Study
B. Studies
C. Studyes
D. Studied
A. Study
B. Studies
C. Studyes
D. Studied
10. My mother is a good singer. She
................. very well in every event.
A. Sing
B. Sang
C. Sings
D. Singes
A. Sing
B. Sang
C. Sings
D. Singes
Lampiran 4 :
Instrumen Penilaian Keterampilan
Part Two : Do
the instruction
1. Ask your new friend identity
2.
Reply your friend’s short message.
3. Read the
introduction and tick the appropiate picture.
Hallo, My
name is Erica. I am 13 years old. I am a seventh grade student. Nice to meet
you.
4. Listen to
the introduction and tick appropiate picture.
“Hi, my name is John. I am 30 years old. I am a
teacher. I teach Matematic.” ( Listening
Script)
5. Listen to
the Introdcution and tick appropiate picture.
“Let me introduce you to my sister. Her name is
Jane. She is 16 years old. She works as a nurse in a hospital.” ( Listening Script)
- Say something in English on the following occasion.
1.
You
want to ask your friend identity.
2.
You
want to ask your friend about their parents identity.
3.
Introduce
your self to the class
- Write a very short and simple introduction about your self and your family.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar